Hell Yeah Pointer 3

Laporan Akhir Modul 1

Laporan Akhir Modul 1 (Percobaan 3)




1. Tujuan [Kembali]
  • Tujuan
  1.     Merangkai dan menguji aplikasi output pada mikrokontroller Arduino
  2.     Merangkai dan menguji input pada mikrokontroller Arduino
  3.     Merangkai dan menguji I/O pada mikrokontroller Arduino 
  • Kondisi
    Menampilkan angka 7435 apabila menekan "#" pada keypad


2. Hardware [Kembali]
  • Alat
- LCD


    LCD (Liquid Crystal Display) adalah salah satu jenis display elektronik yang bekerja dengan menggunakan liquid crystal sebagai media untuk merefleksikan cahaya. Seperti yang sudah kita sampaikan di atas, LCD atau Liquid Crystal Display ini banyak digunakan pada perangkat elektronik yang menggunakan layar elektronik, seperti: mnitor televisi, layar smartphone, layar PC, dan lain-lain. Jumlah pixel yang terdapat pada LCD sangat bervariasi tergantung jenis perangkat yang digunakan. Namun umumnya, jumlah pixel pada LCD mulai dari ribuan, ratusan ribu, hingga jutaan pixel dalam satu keeping LCD. Nantinya, kepingan LCD yang di dalamnya terdapat liquid crystal akan memvisualisasikan objek tertentu dengan menggunakan pixel-pixel yang terdapat pada LCD tersebut.
    Fungsi LCD secara umum adalah sebagai layar atau display digital yang menghasilkan citra pada permukaan bidang yang datar. Proses visualisasi objek pada LCD melibatkan Kristal cair (liquid crystal) serta filter berwarna dengan struktur molekul polar yang diapit dua elektroda transparan. Namun perlu diingat, bahwa LCD ini tidak serta merta langsung memancarkan sinar. Dalam hal ini LCD harus mendapatkan aliran listrik aliran listrik agar cairan kristal dapat bekerja dan membentuk pola tertentu.

-- KeyPad

    Keypad Matriks adalah tombol-tombol yang disusun secara maktriks (baris x kolom) sehingga dapat mengurangi penggunaan pin input. Sebagai contoh, Keypad Matriks 4×4 cukup menggunakan 8 pin untuk 16 tombol. Hal tersebut dimungkinkan karena rangkaian tombol yang disusun secara horizontal membentuk baris dan secara vertikal membentuk kolom.

- Arduino UNO
Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital  dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrokontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya.

- Bread Board

    Breadboard merupakan sebuah board atau papan yang berfungsi untuk merancang sebuah rangkaian elektronik sederhana. Breadboard tersebut nantinya akan dilakukan prototipe atau uji coba tanpa harus melakukan solder.Salah satu keuntungan menggunakan breadboard adalah komponen-komponen yang dirakit tersebut tidak akan mengalami kerusakan. Komponen tersebut juga masih bisa dirangkai kembali untuk membentuk rangkaian yang lainnya.

Umumnya breadboard terbuat dari bahan plastik yang juga sudah terdapat berbagai lubang. Lubang tersebut sudah diatur sebelumnya sehingga membentuk pola yang didasarkan pada pola jaringan di dalamnya. Selain itu, breadboard yang bisa ditemukan di pasaran umumnya dibagi menjadi 3 ukuran. Pertama dinamakan sebagai mini breadboard, kedua disebut medium breadboard, dan yang terakhir dinamakan sebagai large breadboard. Untuk mini breadboard, ia memiliki kurang lebih 170 titik.

- Jumper



Pengertian kabel jumper adalah kabel elektrik yang memiliki pin konektor di setiap ujungnya dan memungkinkanmu untuk menghubungkan dua komponen yang melibatkan Arduino tanpa memerlukan solder.

Intinya kegunaan kabel jumper ini adalah sebagai konduktor listrik untuk menyambungkan rangkaian listrik.

Biasanya kabel jamper digunakan pada breadboard atau alat prototyping lainnya agar lebih mudah untuk mengutak-atik rangkaian.

Konektor yang ada pada ujung kabel terdiri atas dua jenis yaitu konektor jantan (male connector) dan konektor betina (female connector).

Jenis jenis kabel jumper yang paling umum adalah sebagai berikut:

  1. Kabel Jumper Male to Male
  2. Kabel Jumper Male to Male

    Jenis yang pertama adalah kabel jumper male male. Kabel jumper male to male adalah adalah jenis yang sangat yang sangat cocok untuk kamu yang mau membuat rangkaian elektronik di breadboard.

  3. Kabel Jumper Male to Female
  4. Kabel Jumper Male to Female

    Kabel jumper male female memiliki ujung konektor yang berbeda pada tiap ujungnya, yaitu male dan female.

    Biasanya kabel ini digunakan untuk menghubungkan komponen elektronika selain Arduino ke breadboard

  5. Kabel Jumper Female to Female

  6. Kabel Jumper Female to Female
    Jenis kabel jumper yang terakhir adalah kabel female to female. Kabel ini sangat cocok untuk menghubungkan antar komponen yang memiliki  header male. contohnya seperti sensor ultrasonik HC-SR04, sensor suhu DHT, dan masih banyak lagi.


Ukuran Kabel Jumper Arduino

Berikut ini adalah tabel ukuran panjang kabel jumper Arduino berdasarkan satuan inchi dan centimeter yang bisa kamu jadikan patokan dalam membeli kabel jumper.


Tabel Ukuran Kabel Jumper Arduino
Inchi (In)Centimeter (cm)
9,825
9,424
7,820
7,719,5
6,216
5,915
5,814,7
4,611,7
4,311

- Potensiometer


    Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. Jika hanya dua terminal yang digunakan, potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat,  berfungsi untuk mengatur resistensi, tegangan, dan juga arus litrik yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik

  • Bahan
- Software Arduino IDE
    Lingkungan Pengembangan Terpadu Arduino adalah aplikasi lintas platform yang ditulis dalam fungsi-fungsi dari C dan C ++. Ini digunakan untuk menulis dan mengunggah program ke papan Arduino yang kompatibel, tetapi juga, dengan bantuan core pihak ketiga, papan pengembangan vendor lainnya.

3. Rangkaian Percobaan 
[Kembali]

  • Rangkaian Percobaan 


  • Prinsip Kerja
    Ketika program yang telah dibuat sudah dimasukkan ke arduino dan rangkaian sudah disusun sesuai dengan inputan, maka rangkaian dapat dijalankan. Sesuai dengan kondisi rangkaian yang dikerjakan,  ketika menekan tombol '#' pada keypad, karakter yanng muncul pada LCD akan berupa angka 7435 sesuai dengan program yang telah dibuat pada arduino.


4. Listing Program [Kembali]
  • Listing Program
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>


const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3','A'},
    {'4','5','6','B'},                 //Inisialisasi keypad matriks 4x3
    {'7','8','9','C'},
    {'*','0','#','D'}
};

byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris 
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11,10}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {                         //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD 
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {                             //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey();    //Membaca keypad

    if (key=='#' ) {                            //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
        lcd.print(7435);               //Menampilkan input dari keypad pada LCD
    }

  • Flowchart



5. Soal Analisa [Kembali]
    
    1. Jelaskan listing program sesuai kondisi masing masing kelompok
    
Jawaban :
    ---> Program yanng digunakan ialah untuk menampilkan suatu  karakter dari inputan kerpad ke tampilan LCD. Pada program menggunakan dua library yaitu keypad dan LCD. Deklarasikan jumah baris dan kolom berdasarkan key/karakter yang ada pada keypad, seperti 0 - 9, *, #, A - D. Deklarasikan pin yang digunakan untuk baris dan pin untuk kolom. Inisialisai library dengan pin yang digunakan dan lanjut memasukkan kode untuk penampilan karakter pada LCD dengan menginisialisasi pin dan menginisialisasikan dengan keypad. Perulangan kode selanjutnya hanya di eksekusi sekali, lalu set baris dan kolom untuk LCD. Void Loop () yang berarti kode selanjutnya dapat dieksekusi berulang dengan membaca karakter dari keypad yang ditekan.

    2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin digital 0 - 3? berikan analisa!

Jawaban :
    ---> Program tidak akan dapat tertampil pada LCD dan tidak dapat menampilkan karakter, dikarenakan pada program tidak terdapat/tidak memakai pin 0 - 3.
 
    3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, jelaskan fungsi pin RS, RW, dan E serta bagaimana menghubungkannya agar LCD dapat menampilkan karakter!

Jawaban :
    ---> V0 pada LCD ialah sumber/supply yang dialiri arus tegangan untuk menghidupkan LCD.
    ---> RS berfungsi sebagai indikator atau yang menentukan jenis data yang masuk (LOW/HIGH).
    ---> RW berfungsi sebagai instruksi yang membaca/menuliskan data jika LOW/HIGH.
    ---> E berfungsi untuk menerima data yang masuk atau keluar.
    ---> Untuk Menampilkan karakter pada LCD, setelah program sudah dimasukkan ke arduino pin RS dihubungkan pada A0 I/O Analog Arduino, pin E dihubungkan pada A1 I/O Analog Arduino, dan RW dihubungkan ke Ground.

6. Video [Kembali]


7. Link Download [Kembali]
Libarary - Downlaod
Library KeyPad - Download
DataSheet -  Download
Listing Program - Download
Simulasi Proteus - Download
Video - Downlaod
Html - Download 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Digital TE D

                    Bahan Presentasi ini dibuat untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Sistem Digital Oleh: REYMON SYAH 1910953027 Dosen Pengampu:...