1. Tujuan [Kembali]
- Tujuan
- Merangkai dan menguji aplikasi output pada mikrokontroller Arduino
- Merangkai dan menguji input pada mikrokontroller Arduino
- Merangkai dan menguji I/O pada mikrokontroller Arduino
- Kondisi
Menampilkan angka 7435 apabila menekan "#" pada keypad
- Alat
- LCD
LCD (Liquid Crystal Display) adalah salah satu jenis display elektronik yang bekerja dengan menggunakan liquid crystal sebagai media untuk merefleksikan cahaya. Seperti yang sudah kita sampaikan di atas, LCD atau Liquid Crystal Display ini banyak digunakan pada perangkat elektronik yang menggunakan layar elektronik, seperti: mnitor televisi, layar smartphone, layar PC, dan lain-lain. Jumlah pixel yang terdapat pada LCD sangat bervariasi tergantung jenis perangkat yang digunakan. Namun umumnya, jumlah pixel pada LCD mulai dari ribuan, ratusan ribu, hingga jutaan pixel dalam satu keeping LCD. Nantinya, kepingan LCD yang di dalamnya terdapat liquid crystal akan memvisualisasikan objek tertentu dengan menggunakan pixel-pixel yang terdapat pada LCD tersebut.
Fungsi LCD secara umum adalah sebagai layar atau display digital yang menghasilkan citra pada permukaan bidang yang datar. Proses visualisasi objek pada LCD melibatkan Kristal cair (liquid crystal) serta filter berwarna dengan struktur molekul polar yang diapit dua elektroda transparan. Namun perlu diingat, bahwa LCD ini tidak serta merta langsung memancarkan sinar. Dalam hal ini LCD harus mendapatkan aliran listrik aliran listrik agar cairan kristal dapat bekerja dan membentuk pola tertentu.
-- KeyPad
Keypad Matriks adalah tombol-tombol yang disusun secara maktriks (baris x kolom) sehingga dapat mengurangi penggunaan pin input. Sebagai contoh, Keypad Matriks 4×4 cukup menggunakan 8 pin untuk 16 tombol. Hal tersebut dimungkinkan karena rangkaian tombol yang disusun secara horizontal membentuk baris dan secara vertikal membentuk kolom.
- Arduino UNO
Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrokontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya.
- Bread Board
- Potensiometer
Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. Jika hanya dua terminal yang digunakan, potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat, berfungsi untuk mengatur resistensi, tegangan, dan juga arus litrik yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik
- Bahan
- Software Arduino IDE
Lingkungan Pengembangan Terpadu Arduino adalah aplikasi lintas platform yang ditulis dalam fungsi-fungsi dari C dan C ++. Ini digunakan untuk menulis dan mengunggah program ke papan Arduino yang kompatibel, tetapi juga, dengan bantuan core pihak ketiga, papan pengembangan vendor lainnya.
- Rangkaian Percobaan
- Prinsip Kerja
Ketika program yang telah dibuat sudah dimasukkan ke arduino dan rangkaian sudah disusun sesuai dengan inputan, maka rangkaian dapat dijalankan. Sesuai dengan kondisi rangkaian yang dikerjakan, ketika menekan tombol '#' pada keypad, karakter yanng muncul pada LCD akan berupa angka 7435 sesuai dengan program yang telah dibuat pada arduino.
4. Listing Program [Kembali]
- Listing Program
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#','D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11,10}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key=='#' ) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(7435); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
- Flowchart
1. Jelaskan listing program sesuai kondisi masing masing kelompok
Jawaban :
---> Program yanng digunakan ialah untuk menampilkan suatu karakter dari inputan kerpad ke tampilan LCD. Pada program menggunakan dua library yaitu keypad dan LCD. Deklarasikan jumah baris dan kolom berdasarkan key/karakter yang ada pada keypad, seperti 0 - 9, *, #, A - D. Deklarasikan pin yang digunakan untuk baris dan pin untuk kolom. Inisialisai library dengan pin yang digunakan dan lanjut memasukkan kode untuk penampilan karakter pada LCD dengan menginisialisasi pin dan menginisialisasikan dengan keypad. Perulangan kode selanjutnya hanya di eksekusi sekali, lalu set baris dan kolom untuk LCD. Void Loop () yang berarti kode selanjutnya dapat dieksekusi berulang dengan membaca karakter dari keypad yang ditekan.
2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin digital 0 - 3? berikan analisa!
Jawaban :
---> Program tidak akan dapat tertampil pada LCD dan tidak dapat menampilkan karakter, dikarenakan pada program tidak terdapat/tidak memakai pin 0 - 3.
3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, jelaskan fungsi pin RS, RW, dan E serta bagaimana menghubungkannya agar LCD dapat menampilkan karakter!
Jawaban :
---> V0 pada LCD ialah sumber/supply yang dialiri arus tegangan untuk menghidupkan LCD.
---> RS berfungsi sebagai indikator atau yang menentukan jenis data yang masuk (LOW/HIGH).
---> RW berfungsi sebagai instruksi yang membaca/menuliskan data jika LOW/HIGH.
---> E berfungsi untuk menerima data yang masuk atau keluar.
---> Untuk Menampilkan karakter pada LCD, setelah program sudah dimasukkan ke arduino pin RS dihubungkan pada A0 I/O Analog Arduino, pin E dihubungkan pada A1 I/O Analog Arduino, dan RW dihubungkan ke Ground.
7. Link Download [Kembali]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar